Studi Fenomenologi
Peranan Pendidikan Agama Kristen bagi Remaja Putus Sekolah sebagai Upaya Modernisasi Desa Makkaliki
DOI:
https://doi.org/10.53814/eleos.v3i1.84Keywords:
educational awareness;, modernism;, Makkaliki;, role of Christian’s educationAbstract
Abstract: The aim of this research is to understand natural phenomena regarding social problems related to education in Makkaliki Village. The phenomenon of dropping out of school and children's work practices has an impact on the low interest in going to school in Makkaliki Village, which results in the village being left behind. This research was conducted using a phenomenological study so that researchers understand and interpret phenomena through observation, in-depth interviews and documentation. Based on a phenomenological study, it was found that the problem of underdevelopment in Makkaliki village was caused by a lack of awareness of the importance of education for the younger generation. The wrong paradigm about education has had a negative impact on Makkaliki village. Therefore, through this article, role of Christian religious education in increasing educational awareness as an effort to modernize Makkaliki village. These roles is carried out by teaching an educational philosophy based on Christian teachings and motivating the younger generation to have an interest and determination to go to school.
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami fenomena alamiah mengenai permasalahan sosial yang berkaitan dengan banyaknya remaja putus sekolah di Desa Makkaliki. Fenomena putus sekolah dan praktik kerja anak berdampak pada rendahnya minat bersekolah di Desa Makkaliki yang mengakibatkan desa tersebut tertinggal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi fenomenologi dengan memahami dan menafsirkan fenomena melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan kajian fenomenologi ditemukan bahwa permasalahan keterbelakangan di Desa Makkaliki disebabkan oleh kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan pada generasi muda. Paradigma yang salah mengenai pendidikan telah membawa dampak buruk bagi Desa Makkaliki. Oleh karena itu melalui artikel ini ditemukan fakta bahwa pendidikan agama Kristen berperan dalam meningkatkan kesadaran pendidikan sebagai upaya modernisasi desa Makkaliki. Peran tersebut dilakukan dengan mengajarkan filosofi pendidikan berdasarkan ajaran Kristiani dan memotivasi generasi muda agar mempunyai minat dan tekad untuk bersekolah.
Downloads
References
Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Arjawa, GPB Suka. “Faktor Pendorong Dan Penghambat Modernisasi Desa Pakraman.” Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika 2, no. 2 (2021): 87.
Cully, Iris V. Dinamika Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.
Daeli, Dorkas Orienti, Sonny Eli Zaluchu, Banua Niha, Keriso Protestan, and Sundermann Nias. “Analisis Fenomenologi Deskriptif Terhadap Panggilan Iman Kristen Untuk Kerukunan Antar Umat Beragama Di Indonesia.” Jurnal sundermann 12, no. 2 (2019): 44–50. http://jurnal.sttsundermann.ac.id/index.php/sundermann/article/view/27.
Danial, Remegises, Yohanis Pandie, Universitas Kristen Indonesia, Program Studi, Magister Pendidikan, and Agama Kristen. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengentaskan Kemiskinan Di Masa Pandemi Covid-19.” academia.edu (n.d.).
Esther Rela Intarti. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4, no. 1 (2021): 36–46.
Homrighausen, E.G. dan I.H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.
Kamagi, Kevin Samuel. “Peran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Remaja Dalam Mencegah Perilaku Konsumerisme Di Era Digital.” Jurnal Shanan 6, no. 2 (2022): 201–220.
Lalo, Iring, and Noryati Noryati. “Peran PAK Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Generasi Muda.” Paedagogy : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi 1, no. 2 (2021): 97–102.
Lie, Tan Giok. “Tantangan Dalam Pendidikan Dan Pengajaran Masa Kini.” Jurnal Teologi Stulos 12, no. 1 (2013): 1–24. http://www.sttb.ac.id/download/stulos/2013/April/Stulos-V.12-No.1-April-2013-01-Tantangan-Dalam-Pendidikan-Dan-Pengajaran-Masa-Kini.pdf.
Renda, Trijuliani. “Studi Fenomenologi Dampak Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pergeseran Gelar Kebangsawanan Di Sumba Timur.” Jurnal Dedikasi Pendidikan 5, no. 2 (2021): 439–449. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/1967.
Rizik, Miftahur, Lias Hasibuan, and Kasful Anwar Us. “Pendidikan Masyarakat Modern Dan Tradisional Dalam Menghadapi Perubahan Sosial Dan Modernisasi.” Jurnal Literasiologi 5, no. 2 (2021): 61–68.
Sagala, Lenda Dabora. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Perubahan Sosial.” Journal stt simpson.ac.id 12, no. 1 (2016): 47–54.
Samoiri, Julmiati, and Sandra Rosiana Tapilaha. “Kreativitas Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama 1, no. 1 (2023): 81–88. https://ejurnal.stpkat.ac.id/index.php/jutipa/article/view/100.
Samosir, Christina Metallica, and Fredik Melkias Boiliu. “Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya Menjawab Tantangan Krisis Lingkungan Hidup.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022): 815–826.
Sinaga, Rotua Setiani, Yosafat Timothy Limbong, Rawatri Sitanggang, Silvia Ningsih, Stanley Abdi Sitorus, Jurusan Pendidikan, Agama Kristen, Institut Agama, and Kristen Negeri. “Peranan Pendidikan Agama Kristen Dalam Menyikapi Perilaku Remaja.” Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2, no. 3 (2023): 10631–10640.
Siregar, Viktor Deni, Ester Debora, Elfrida Elena, Br Silaban, Sinta Tiarnauli, and Kata Pendidikan. “Peranan Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Sebagai Restorasi Terhadap Perilaku Remaja Kristen Masa Kini.” Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. April (2023): 87–96.
Tim Redaksi. “KKBI Online.” Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. Last modified 2016. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/modernisasi.
Zega, Yusnarita, and Wiyun Philipus Tangkin. “Motivasi Belajar Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Filosofi Pendidikan Kristen.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 5, no. 1 (2023): 97–109.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Daniel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.