Peran Guru Profesional dalam memajukan Pendidikan di Era Industri 4.0

Authors

  • Wadison Petrus Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Dewi Suri Agustina Nainggolan Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Talizaro Tafonao Sekolah Tinggi Teologi Real Batam

DOI:

https://doi.org/10.53814/eleos.v1i2.10

Keywords:

Role, Teachers, Professionals, Education, Students, Industry 4.0, Technology

Abstract

Abstract: The purpose of writing this article is to see what obstacles are faced by teachers in improving educational progress in the industrial era 4.0. This research is based on the community's point of view that education is the main aspect in bringing about change for the progress of the nation. This can be seen from the appreciation of the community in encouraging their children to go to school, because through education they can be freed from the shackles of ignorance and backwardness. However, this expectation has not been achieved due to the many obstacles faced by teachers in improving their professionalism in teaching as explained in this article. This paper uses a qualitative method by examining the professional role of teachers in advancing education in the industrial era 4.0. The author collects data through the study of journal articles, books and scientific works that can be trusted to support the author's analysts in writing this article. The results obtained in this study are teachers understand the meaning of professionalism in the world of education, problems in the world of education, rights and obligations in educational change, the function of the teacher's role in supporting educational progress in the industrial era 4.0. Thus, improving education in the industrial era 4.0 is the responsibility of every teacher.

Abstrak: Tujuan penulisan artikel ini adalah melihat apa saja kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kemajuan pendidikan di era industri 4.0. Penelitian ini didasarkan dari pandang masyarakat bahwa pendidikan merupakan aspek utama dalam membawa perubahan bagi kemajuan bangsa. Hal ini terlihat dari apresiasi masyarakat dalam mendorong anak-anaknya untuk bersekolah, karena melalui pendidikan dapat dimerdekakan dari belenggu kebodohan dan keterbelakangan. Namun harapan ini masih belum tercapai disebabkan karena banyak kendala yang hadapi oleh guru dalam meningkatkan profesionalnya dalam mengajar sebagaimana penjelasan dalam artikel ini. Tulisan ini mengunakan metode kualitatif dengan mengkaji peran profesional guru dalam memajukan pendidikan di era industri 4.0. Penulis mengumpulkan data melalui kajian artikel jurnal, buku dan karya ilmiah yang dapat dipercaya untuk mendukung analis penulis  dalam penulisan artikel ini. Hasil yang diperoleh dalam kajian ini adalah guru memahami makna profesional dalam dunia pendidikan, masalah dalam dunia pendidikan, Hak dan Kewajiban dalam perubahan pendidikan, fungsi peran guru dalam mendukung kemajuan pendidikan di era industri 4.0. Dengan demikian bahwa peningkatan pendidikan di era industri 4.0 merupakan tanggung jawab setiap guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Syarifuddin. “Zakat Profesi.” Jakarta: PT. Moyo Segoro Agung (2003).

Alifah, Siti. “Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain (Education In Indonesia And Abroad: Advantages And Lacks).” Cermin: Jurnal Penelitian 5, no. 1 (2021): 113–123.

Atmanti, Hastarini Dwi. “Investasi Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan.” Dinamika Pembangunan 2, no. 1 (2005): 30–39.

Buan, Yohana Afliani Ludo. Guru Dan Pendidikan Karakter: Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Edited by Lorensius Amon. Indramayu: Abad, 2021.

Dimayanti, Azima. Pengembanagan Profesi Guru. Bandung: Gre Publishing, 2019.

Ghony, M. Djunaidi, and Fauzan Almanshur. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edited by Ar-Ruzz Media. Yogyakarta, 2012.

Hakim, Lukman. “Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (2016).

Hasyim, M. Hasyim M. “Penerapan Fungsi Guru Dalam Proses Pembelajaran.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 1, no. 2 (2014): 265–276.

Kau, Murhima A. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar.” In Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 1:157–166, 2017.

Keriapy, Frets. “Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural Dalam Konteks Indonesia.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 82–93.

Mawaddah, Siti. “Kompetensi Profesi Guru Dalam Menjalankan Peran , Hak , Dan Kewajiban Guru.” Seri Publikasi Pembelajaran 1, no. 2 (2021): 1–21.

Mukhtar. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar.” Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah 3, no. 3 (2015): 103–117.

Mulyani, Fitri. “Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam).” Jurna Pendidikan Universitas Garut 3, no. 1 (2015): 1–8.

Putri, Ayu Dwi Kesuma, and Nani Imaniyati. “Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Professional Development of Teachers in Improving the Performance of Teacher).” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2, no. 2 (2017): 202–211.

Qomario, Qomario, Siti Kurniasih, and Hetty Anggraini. “Studi Analisis Latar Belakang Pendidikan, Sertifikasi Guru Dan Usia Guru Paud Di Kota Bandar Lampung Berdasarkan Hasil Nilai Uji Kompetensi Guru (UKG).” Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 02 (2018).

Rinaldo, Christian m. EdoHogantara, Aji. Peta Jalan UKM 4.0: Profesional, Produktif, Kreatif, & Entrepreneurial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017.

Sahaka, Amir. “Profesi, Profesional Dan Pekerjaan.” Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah 2, no. 1 (2019): 61–69.

Saputro, Hengkang Bara. “Peran Guru SD Dalam Membangun Karakter Dan Kecakapan Di Abad 21.” In Prosiding Seminar Nasional" Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Anak Untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia", 195–200. Prodi BK dan PGSD FKIP UAD, 2016.

Sujana, I Wayan Cong. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2019): 29–39.

Sumiati, Tuti. “Problematika Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi Pemecahannya.” Statement| Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan 1, no. 1 (2011): 43–48.

Sunhaji, Sunhaji. “Kualitas Sumber Daya Manusia (Kualifikasi, Kompetensi Dan Sertifikasi Guru).” Jurnal Kependidikan 2, no. 1 (1970): 142–160.

Tafona’o, Talizaro. “Kepribadian Guru Kristen Dalam Perspektif 1 Timotius 4:11-16.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 1 (2019): 62–81.

Utomo, Susilo Setyo. “Guru Di Era Revolusi Industri 4.0.” Format Pendidikan Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa 1, no. 1 (2019): 70–83.

Wahyuningsih, Endang Sri. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish, 2020.

Warsono, Warsono. “Guru: Antara Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial.” The Journal of Society & Media 1, no. 1 (2017): 1–10.

Wibawa, Fajri Arif, and Meyta Pritandhari. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.” In Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyaraka, 3:109–117. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro, 2020.

Yani, Tapip Asep. Otonomi Pendidikan: MBS & Pengambil Keputusan Partisifatif. Jakarata: Humaniora, 2012.

Downloads

Published

2022-01-21

How to Cite

Petrus, W., Nainggolan, D. S. A. ., & Talizaro Tafonao. (2022). Peran Guru Profesional dalam memajukan Pendidikan di Era Industri 4.0. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 75–87. https://doi.org/10.53814/eleos.v1i2.10