Praktik Pendidikan Spiritual Keluarga Israel Kuno Priode sebelum Pembuangan sampai sesudah Pembuangan ke Babel
Keywords:
pendidikan spiritual, keluarga, Israel, pembuangan, BabelAbstract
Abstract: The practice of spiritual education in ancient Israelite families implements a highly stringent and serious approach in educating their children, especially in spiritual education within the family. This is rooted in the belief that spiritual values and traditions are inseparable components of their identity and selfhood as the chosen people of God. The Israelites believe and consider it crucial the commandments of God through Moses to educate and teach their children with full responsibility. This research aims to investigate the practices of spiritual education in ancient Israelite families, particularly the role of parents in fulfilling their responsibilities in educating their children in accordance with the commandments of God. The method used is qualitative-descriptive to discover the practices of spiritual education in families both before and after the Babylonian exile. The results of this research will present the practices of spiritual education in ancient Israelite families that touch upon all aspects of their lives, thus serving as a reference for Christian families in conducting spiritual education within the family to grow in faith and belief in God.
Abstrak: Praktik Pendidikan kerohanian keluarga Israel Kuno menerapkan pendekatan yang sangat ketat dan serius dalam mendidik anak-anak mereka terutama pendidikan spiritual dalam keluarga. Hal Ini berakar pada keyakinan bahwa nilai-nilai spiritual dan tradisi merupakan komponen yang tak terpisahkan dari identitas dan jati diri mereka sebagai umat pilihan Allah. Orang Israel meyakini dan menganggap penting perintah Allah melalui Musa untuk mendidik dan mengajar anak-anak mereka dengan penuh tanggungjawab. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki praktik pendidikan spiritual keluarga Israel Kuno, khususnya peran orang tua dalam memenuhi tanggung jawab mereka dalam mendidik anak-anak mereka sesuai dengan perintah Allah. Metode yang digunakan adalah kualitatif-deskritif untuk menemukan praktik-praktik Pendidikan spiritual dalam keluarga baik sebelum pembuangan ke Babel maupun setelahnya. Hasil dari penelitian ini akan menyajikan praktik pendidikan spiritual keluarga Israel Kuno yang menyentuh seluruh aspek kehidupan mereka, dengan demikian diharapkan menjadi acuan bagi-keluarga Kristen dalam melakukan pendidikan spriritual di dalam keluarga sehingga bertumbuh dalam iman dan keyakinan kepada Allah.
Downloads
References
Bakker, F.L, Sejarah kerajaan Allah Ensiklopedi Alkitab Masa Kini Perjanjian Lama. Jilid I & II (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1983)
Boehlke, Robert, Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1994).
Barclay, William , Duta bagi Kristus (Jakarta: BPK Gunung Mulia,1988).
C.Tenney, Merril , Suevey Perjanjian Baru, (Malang: Gandum Mas, 2013).
C. Vriezen, Th, Agama Israel Kuna,terjemahan I J Cairus (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003).
Darmanto, Jurnal Teologi : Pola Pendidikan Bangsa Israel Sebagai Model Dalam Penanaman Iman Kepada Generasi Baru ( Sanctum Domine : 2019: 60/2) Geogle Scholar
Drane ,John, Memahami Perjanjian Baru (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1996).
Dufour, Xavier Leon, Ensiklopedi Perjanjian Baru (Yogyakarta: Kanisius, 1990),
Dyrness, William, Tema-tema dalam Teoligi Perjanjian Lama, (Malanga: Gandum Mas, 1993),
Ensiklopedi Alkitab Masa Kini Jilid A-L (Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasi, 1992).
Efriduansyah, Wendy Situmorang, Arisman Gulo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, Volume 3, No 2 Juni 2022. Diakses oleh Enice Bilote 16 Mei 2024 Geogle Scholar
Faizal Alifia Nur, "3 Cara Orang Yahudi Mendidik Anak Mereka, Nomor Terakhir Diajari Matematika saat Cukup Umur" ( Tabloid SINDOnews.com : (11 Februari 2022-15:17 WIB) diakses oleh Enice Bilote 16 Mei 2024. Geogle
Green, Dennis, Pembimbing pada Pengenalan Perjanjian Lama (Malang: Gandum Mas, 1984).
J.L.Ch, Abineno Pokok-Pokok Penting dari Iman Kristen (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015),
K Susanto, Yohanes, Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual : Tradisi Pendidikan Iman Anak menurut Perjanjian Lama,( Volume 2, No 2 Desember 2019)
Diakses oleh Enice Bilote 16 Mei 2024 Geogle Scholar
Keene, Michael, Agama-Agama Dunia (Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2006),
Luhfian,Delfi, Membongkar Metode-metode Pembelajaran Brilian orang Yahudi (Yogyakarta : Diva Press, 2016) Geogle Scholar
Riemer, G, Ajarlah Mereka (Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 1998).
Rowley, H.H, Ibadah Israel kuna (Jakarta: Bpk Gunung Mulia, 1985).
Swift Fletcher Harper, Education Ancient Israel To 70 A.D (Chicago-London: The open Court Publishing Company,1919). Geogle Scholar
Tafsiran Alkitab Masa Kini, jilid 1 Kejadian – Ester (Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 1992).
Tobing, Lasmaria Lumban Jurnal Christian Humaniora: Relevansi Pendidikan Agama Anak-anak Bangsa Yahudi Bagi Proses Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga,
(STAKPN Tarutung, Lasmaria 2018) Geogle Scholar
Wismoady Wahono, Disini Kutemukan (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1986).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Enice Bilote, Yani Gunawan, Telly Makaganza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.