Kajian Filosofis tentang Peranan Guru PAK:
Tinjauan Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis
DOI:
https://doi.org/10.53814/eleos.v5i1.200Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, peran guru, ontologi, epistemologi, aksiologi, Christian Education, ontology, epistemology, axiologyAbstract
Abstract: Teachers play an important role in the success of learning, which requires philosophy. However, philosophy is considered unimportant and boring, and is not visible in dealing with educational issues. This study aims to analyze the role of Christian Religious Education teachers from an ontological, epistemological, and axiological perspective to provide a comprehensive and in-depth understanding of the nature, sources of knowledge, and values inherent in the role of teachers. The method used in this study is literature research through the process of collection, analysis, and synthesis. The results of this study are that the role of Christian Religious Education teachers ontologically is as the image of God, servants and instruments of God, and a calling in life. Epistemologically, the role of Christian Religious Education teachers is as guides, facilitators, and interpreters. Axiologically, the role of Christian Religious Education teachers is as planters of Christian values, role models, and character builders.
Abstrak: Guru memegang peranan penting untuk menyukseskan suatu pembelajaran dalam perjalanannya membutuhkan filsafat. Tetapi filsafat dianggap tidak penting dan membosankan serta tidak terlihatnya dalam menangani masalah pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam perspektif ontologi, epistemologi, dan aksiologi untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh dan mendalam mengenai hakikat, sumber pengetahuan, serta nilai yang melekat pada peran guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian literatur melalui proses pengumpulan, analisis, dan sintesis. Hasil penelitian ini adalah peran guru Pendidikan Agama Kristen secara ontologi sebagai imago dei, pelayan dan alat Tuhan, serta panggilan hidup. Secara epistemologis, peran guru Pendidikan Agama Kristen sebagai pembimbing, fasilitator, dan pengarah serta penafsir. Secara aksiologi, peran guru Pendidikan Agama Kristen sebagai penanam nilai-nilai Kristiani, teladan, dan pembentuk karakter.
Downloads
References
Abolade, Gabriel Oluwaseyi. “Humanism In Education Philosophy and Its Implication to Christian Education and Practice.” Edumania-An International Multidisciplinary Journal 02, no. 01 (2024): 290–300.
Ade, Christono, Andreas Tonggembio, Ampinia Rahap, Wanyi Rohy, Indraldo Undras, Mario Alberto Manodohon, and Nelson Hasibuan. “Pemikiran Filsafat Progresif John Dewey Vs Sentralitas Alkitab Menjadi Fokus Pengenalan Akan Filsafat Pendidikan Agama Kristen” 6 (2023): 123–138.
Bahabol, Edim, and Youke Singal. “Mendidik Untuk Kehidupan Berdasarkan Kompetensi Guru Kristen Di Indonesia.” Quaerens 2, no. 1 (2020): 62–85.
Boiliu, Noh Ibrahim. “Sumbangsih Filsafat Bagi Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen I, no. September (2016): 99.
Bourne, Paul Andrew, Devon Crossfield, and Vivian Nicholas. “A Christian Approach To Philosophy.” International Journal of Humanities & Social Science: Insights & Transformations 2, no. 1 (2017).
Deak, Victor, and Yulia Jayanti Tanama. “The Functional Relationship of Education with Economic, Philosophy and Political Philosophy.” International Journal of Social and Management Studies 2, no. 4 (2021): 149–158. https://www.ijosmas.org/index.php/ijosmas/article/view/63.
Desyandri, Muhammadi, Suci Kurnia, Arfa Novia Santi, Thasya Dwi Hendri Yenni, and Milda Ayu. “Pentingnya Penerapan Filsafat Pendidikan Oleh Guru Sekolah Dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08, no. 03 (2023).
Djamaluddin, Ahdar. “Filsafat Pendidikan.” Istiqra’: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 1, no. 2 (2014): 135. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/208/181.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.
Esther Rela Intarti. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4, no. 1 (2021): 36–46.
Hakim, L. N. “Hubungan Keteladanan Guru Dengan Adab Siswa Tingkat Sekolah Dasar (SDN, SDIT, MI, HOMESCHOOLING GROUP) Di Bogor.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1689–1699. Hubungan keteladanan guru dengan adab siswa tingkat %0Asekolah dasar (SDN, SDIT, MI, HOMESCHOOLING GROUP) di bogor.
Hendra Agung Saputrsa Samaloisa, and Hasahatan Hutahaean. “Pentingnya Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter, Spritual, Moralitas Dan Rohani Peserta Didik.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat 1, no. 2 (2023): 162–178.
Kastamin, Nurhadi, and Saeful Anwar. “Tinjauan Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi Terhadap Guru Profesional.” Jurnal Dirosah Islamiyah 3, no. 3 (2021): 382–406.
Knight, George R. Filsafat & Pendidikan. Jakarta: UPH Press, 2009.
———. Issues and Alternatives in Educational Philosophy. 3rd ed. Michigan: Andrews University Press, 1998.
Kristiawan, Muhammad. Filsafat Pendidikan; The Choice Is Yours. Converting Today. Jogjakarta: Valia Pustaka Jogjakarta, 2016.
Laoli, Jonisman Kristian, Oskah Dakhi, Maria Magdalena Zagoto, and Magdalena Zagoto. “Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan BK Pada Perkuliahan Filsafat Pendidikan” 4, no. 3 (2022): 4408–4414.
Lete, Reyna Nurani Siregar, and Mozes Lawalata. “Pentingnya Filsafat Bagi Ilmu Pendidikan Agama Kristen,” no. 2 (2024): 83–98.
Marbun, Lidia, and Jan Romi Perdana Saragih. “Kajian Filosofis Pendidikan Agama Kristen Dalam Kehidupan Orang Percaya Di Era Posmodern.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2022): 106–114.
Mau, Donatus. “Guru Ada Pelayanan.” Www.Kemenang.Go.Id. Last modified 2015. Accessed April 26, 2025. https://ntt.kemenag.go.id/arsip/5655/guru-adalah-pelayan.
Mubin, Fatkhul. “Filsafat Modern: Aspek Ontologis, Epistemologis, Dan Aksiologis.” Mengenal Filsafat Pendidikan (2020): 1–28. fatkhulmubin90@gmail.com.
Muflihin, Ahmad, and Muna Yastuti Madrah. “Implementation of Al-Ghazali’S Islamic Education Philosophy in the Modern Era.” Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2019): 13.
Nasution, Ahmad Taufik. Filsafat Ilmu: Hakikat Mencari Pengetahuan. Yogyakarta: Deepublish, 2016.
Ndraha, Nova Anggreani, and Wiyun Philipus Tangkin. “Guru Sebagai Inovator Dalam Penanaman Nilai Moral Siswa Berdasarkan Pandangan Kristiani Di Era Digital.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan 5, no. 1 (2021): 71–86.
Nurgiansah, T Heru. Filsafat Pendidikan. Purwokerto: CV. Pena Persada, 2020.
Pahmi, Samsul, Giri Verianti, Wiwin Winarni, Oktavia Rahmadiani, and Mutiara Azzahra. “Peran Filsafat Ilmu Pendidikan Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur.” Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) 6, no. 2 (2024): 137–144.
Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.
Ruru, Aprianto, and Dyulius Thomas Bilo. “Filsafat Pendidikan Agama Kristen Sebagai Landasan Dalam Proses Pembentukan Iman Siswa.” TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2023): 172–189.
Sadirman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
Said, Sudarmadji. “Relevansi Filsafat Pendidikan Kristen Bagi Para Pendidik Dan Peserta Didik.” Inculco Journal of Christian Education 2, no. 2 (2022).
Salahudin, A. Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.
Sianipar, Helen Melenia, and Wahyu Irawati. “Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa Berdasarkan Kajian Filsafat Aksiologi Kristen.” Didache: Journal of Christian Education 3, no. 1 (2022): 58.
Sidabutar, Hasudungan. “Filsafat Ilmu Pendidikan Agama Kristen Dan Praksisnya Bagi Agama Kristen Masa Kini.” Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 9–12.
———. “Filsafat Ilmu Pendidikan Agama Kristen Dan Praksisnya Bagi Agama Kristen Masa Kini.” PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 85–101.
Sidabutar, Hasudungan, and Yehezkiel Situmorang. “Relevansi Ilmu Filsafat Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 4, no. 2 (2022): 350–368.
Sidjabat, B.S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2017.
Simanjuntak, Junihot. “Filsafat Pendidikan Dan Filsafat Pendidikan Kristen.” Filsafat Pendidikan Kristen, no. December 2007 (2013): 117.
Soeprapto, Sri. “An Axiological Foundation of the Indonesian National Education System in the Perspective of Philosophy of Education.” Cakrawala Pendidikan, no. 2 (2013): 266–276.
Solihan. “Strategi Pembelajaran Kitab Kuning Melalui Bantuan Materi Al-Miftah Lil Ulumdi Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 4, no. 2 (2018): 194–214.
Sopian, Ahmad. “Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan.” Jurnal Tarbiyah Islamiyah 1, no. 1 (2021): 88–97.
Supit, Sugijanti. “The Revolution of Christian Religious Education in Indonesia: A Historical Liberation Perspective.” International Journal of Education, Information Technology, and Others 7, no. 2 (2024): 226–237.
Surajiyo. Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Suriasumantri, Jujun. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 2013.
Tafona’o, Talizaro. “Kepribadian Guru Kristen Dalam Perspektif 1 Timotius 4:11-16.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 1 (2019): 62.
Tarigan, Hendty Binsar H., and Mariati Barus. “Menerapkan Filsafat Pendidikan Kristen Yang Alkitabiah Dan Relevan Pada Masa Pandemi.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2021): 105–116.
Tarisah, Putri Subur, and Destya Waty Silalahi. “Peran Guru Kristen Dalam Mengembangkan Keterampilan Kolaboratif Pada Pembelajaran Abad Ke-21 Berdasarkan Filsafat Pendidikan Kristen.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 6, no. 2 (2024): 241.
Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa 1, no. 2 (2018): 219–231.
Tety, Tety, and Soeparwata Wiraatmadja. “Prinsip-Prinsip Filsafat Pendidikan Kristen.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no. 1 (2017): 55.
Tung, Khoe Yao. Filsafat Pendidikan Kristen: Filosofi Pendidikan Kristen Di Tengah Tangtangan Filsafat Dunia. Yogyakarta: Andi Offset, 2021.
Utama. FIlsafat Dan Logika Manajemen Dan Pariwisata. Jakarta: Deepublish, 2021.
Yosua Jupianto, Ridolfroa S. Th Manggoa, Esau Yesyurun Tang, and Marthen Mau. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Sompak Kecamatan Sompak Kabupaten Landak.” Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen dan Katolik 2, no. 1 (2024): 54–71.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yulia Jayanti Tanama, Sugijanti Supit, Valentino Wariki, Agnes Mocia Halawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.