Model Pembelajaran Yesus Berdasarkan Alkitab

Authors

  • Hardi Budiyana Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.53814/eleos.v1i1.3

Keywords:

Model pembelajaran Yesus, Alkitab, Pendidikan, Model, Pembelajaran

Abstract

Abstract

This study aims to discuss the learning model of Jesus based on the Bible. The learning model is the whole series of presentations of teaching materials which includes all aspects before learning, while the learning process and after learning by the teacher and all related facilities that are used directly or indirectly in the teaching and learning process. The teaching model can be interpreted as a plan or pattern used in preparing the curriculum, arranging student material, and providing instructions to teachers in the classroom in teaching settings or other settings. As a teacher, of course, Jesus has a model in teaching His students. Because the learning model is very necessary to achieve an educational goal. Using descriptive qualitative methods, it can be concluded that Jesus' learning model for His disciples is focused on the four Gospels. By studying and understanding the learning model of Jesus as the Great Teacher, the teachers will be able to prepare the learning process well, so that the goals of their education can be achieved. In the context of educational services, we must imitate the learning model that Jesus did for His disciples. This can make students understand the material given and strengthen their faith in the Lord Jesus and can be witnesses in winning new souls for His kingdom.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan membahas model pembelajaran Yesus berdasarkan Alkitab. Model pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum pembelajaran, sedang proses pembelajaran dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar.  Model mengajar dapat diartikan sebagai suatu rencana atau pola yang digunakan dalam menyusun kurikulum, mengatur materi peserta didik, dan memberi petunjuk kepada pengajar di kelas dalam setting pengajaran atau setting lainnya. Sebagai seorang guru tentu Yesus mempunyai model dalam melakukan pembelajaran kepada murid-murid-Nya.  Karena model pembelajaran sangat diperlukan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan.menggunkan metode kualitatif deskritif dapat disimpulkan bahwa  Model pembelajaran Yesus kepada murid-murid-Nya yang difokuskan dalam ke empat Kitab Injil.  Dengan mempelajari dan memahami model pembelajaran Yesus sebagai Guru Agung, maka para pengajar akan dapat mempersiapkan proses pembelajarannya dengan baik, sehingga apa yang menjadi tujuan dari pendidikannya dapat tercapai. Dalam konteks pelayanan pendidikan harus meneladani model pembelajaran yang Yesus lakukan kepada murid-murid-Nya. Hal ini dapat menjadikan peserta didik mengerti akan materi yang diberikan dan semakin meneguhkan iman percayanya kepada Tuhan Yesus serta dapat menjadi saksi dalam memenangkan jiwa-jiwa baru bagi kerajaan-Nya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Suprijono. “Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar (2009).

Arends, Richard. Classroom Instruction and Management. McGraw-Hill Companies, 1997.

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106.

Arifianto, Yonatan Alex, Hardi Budiyana, and Paulus Purwoto. “Model Dan Strategi Pembelajaran Yesus Berdasarkan Injil Sinoptik Dan Implementasinya Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 1–17.

Batey, Richard. New Testament Issues. SCM Press, 1970.

Indonesia, Lembaga Alkitab, ed. Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan. Keenam. Malang: Gandum Mas, 2002.

LeBar, Lois E. Education That Is Christian. Wheaton College: Chariot Victor Publishing, 1998.

Purwoto, Paulus, Hardi Budiyana, and Yonatan Alex Arifianto. “Landasan Teologis Pendidikan Kristen Dalam Perjanjian Baru Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Kristen Masa Kini.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2020): 34–48.

Sagala, Syaiful. “Konsep Dan Makna Pembelajaran.” Bandung: alfabeta (2010).

Shoimin, Aris. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Sidjabat, B. S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup, 2010.

Sumiati, Sumiati, and Reni Triposa. “Prinsip Guru Pendidikan Agama Kristen Memotivasi Belajar Peserta Didik Dalam Perspektif Alkitab.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 69–84.

Sutoyo, Daniel. Yesus Sebagai Guru Agung. Surakarta: STT Inteos, 2013.

———. “Yesus Sebagai Guru Agung.” Jurnal Antusias 3, no. 5 (2014): 64–85.

Tampenawas, Alfons Renaldo, Erna Ngala, and Maria Taliwuna. “Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius Dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 2 (2020): 214–231.

Trianto. “Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.” Jakarta: Prestasi Pustaka (2007).

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Budiyana, H. (2021). Model Pembelajaran Yesus Berdasarkan Alkitab. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 28–38. https://doi.org/10.53814/eleos.v1i1.3