Pemahaman Peserta Didik Tentang Mandat Budaya Dalam Kejadian 1:28 Terhadap Kepedulian Lingkungan

Authors

  • Deslana Roidja Hapsarini Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara, Ungaran.
  • Yendri Wati Pige Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara, Ungaran

DOI:

https://doi.org/10.53814/eleos.v1i1.4

Keywords:

Mandat Budaya, Lingkungan Hidup, Kepedulian, Kejadian

Abstract

Abstract

Lack of awareness in maintaining the environment should continue to be pursued in providing understanding to students because it is also a human responsibility to maintain the environment in accordance with cultural mandates. Using a descriptive qualitative method with a literature study approach, it can be concluded that environmental care can be measured from four indicators, namely: throwing garbage in its place, maintaining class cleanliness, maintaining school yard cleanliness, and maintaining bathroom cleanliness. Students' understanding of the cultural mandate in incident 1:28 can affect environmental awareness. If students' understanding of the cultural mandate in Genesis 1:28 is taught to students, it will grow students' awareness of the environment at school and at home. Based on the conclusions drawn, it can be said that students' understanding of the cultural mandate in incident 1:28 is very important to encourage students to care about the environment. Therefore, it is better for teachers or parents to teach the cultural mandate in Genesis 1:28 to students so that those who understand the cultural mandate have concern for the environment wherever they are.

 

Abstrak

Kurangnya kesadaran dalam memelihara lingkungan hidup patut terus diupayakan dalam memberi pemahaman kepada peserta didik sebab hal itu juga menjadi tanggung jawab manusia untuk memelihara lingkungan sesuai dengan mandat budaya. Menggunkan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur dapat disimpulkan bahwa kepedulian lingkungan dapat diukur dari empat indikator, yaitu: membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan kelas, menjaga kebersihan halaman sekolah, dan menjaga kebersihan kamar mandi. Pemahaman siswa tentang mandat budaya dalam Kejadian 1:28 dapat mempengaruhi kepedulian lingkungan. Jika pemahaman peserta didik tentang mandat budaya dalam Kejadian 1:28 diajarkan kepada peserta didik maka akan menumbuhkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan di sekolah maupun di rumah. Berdasarkan kesimpulan yang ditarik, dapat dikatakan bahwa pemahaman peserta didik tentang mandat budaya dalam Kejadian 1:28 sangat penting untuk mendorong peserta didik agar peduli terhadap lingkungan.  Oleh kerena itu, sebaiknya guru atau orang tua harus mengajarkan mandat budaya dalam Kejadian 1:28 kepada peserta didik sehingga mereka yang memahami tentang mandat budaya memiliki kepedulian terhadap lingkungan di manapun mereka berada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, Sudijono. “Pengantar Evaluasi Pendidikan.” Jakarta: Rajawali Pers (2011).

———. “Pengantar Statistik Pendidikan.” Jakarta: Raja Grafindo Persada (2008).

Angin, Yakub Hendrawan Perangin, Tri Astuti Yeniretnowati, and Yonatan Alex Arifianto. “Implikasi Nilai Manusia Dalam Praksis Kepemimpinan Menurut Kejadian 1: 26-27.” MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen 2, no. 1 (2020): 47–61.

Basuki, Yusuf Eko. “Pertumbuhan Iman Yang Sempurna.” Yogyakarta: Garudhawacha Online Book (2014).

Darmadi, Daud. “Konsep Mandat Budaya Sebagai Upaya Menjaga Kelsetarian Lingkungan Hidup.” KALUTEROS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2020): 1–16.

Hamalik, Dr. Oemar. Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Anggota IKAPI, 2014.

Huli, Yuprieli. Suluh Siswa 2: Berubah Dalam Kristus. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.

Kurniadi, Deni, and Suro Prapanca. Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SD/MI Kelas IV & VI. Jakarta: Kemendiknas, 2010.

Lie, Gloria, and Reni Triposa. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19.” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 110–128.

Masinambow, Yornan, and Yuansari Octaviana Kansil. “Kajian Mengenai Ekoteologi Dari Perspektif Keugaharian.” SHAMAYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2021): 122–132.

Minarsih, Ri, Acep Hadi, and Hanjaeli. Asiknya Berolahraga 5 Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional, 2010.

Narbuko, Cholid, and Abu Achmadi. Metodologi Penelitian. Bumi Aksara, 2013.

Ottu, Erna Alinda Hendrika, and Reni Triposa. “Peran Guru Bimbingan Konseling (BK) Dalam Membentuk Karakter Siswa Kristen.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2021): 219–241.

Prayitno, Prayitno, Afdal Afdal, Ifdil Ifdil, and Zadrian Ardi. “Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok Yang Berhasil: Dasar Dan Profil” (2017).

Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan.” SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 78–95.

Simorangkir, Sri Lina Betty Lamsihar, and Yonatan Alex Arifianto. “Makna Hidup Dalam Kristus Menurut Filipi 1:21 Dan Implikasinya Bagi Orang Percaya.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 1, no. 2 (2020): 228–242.

Sudaryono. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Graha Ilmu, 2012.

Supardi, Imam. “Lingkungan Hidup Dan Kelestarian.” Bandung, 2003.

Tim Penyusun Cemera. Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Kelas IV Semester 2. Surakarta: Putra Nugraha, 2013.

Tomusu, Anita Yumbu. “Memahami Mandat Kebudayaan Dalam Upaya Melaksanakan Tugas Penatalayanan Lingkungan Hidup.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2020): 143–155.

Wina, Sanjaya. “Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).” Jakarta: Kencana (2008).

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Hapsarini, D. R., & Pige, Y. W. . (2021). Pemahaman Peserta Didik Tentang Mandat Budaya Dalam Kejadian 1:28 Terhadap Kepedulian Lingkungan. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 39–49. https://doi.org/10.53814/eleos.v1i1.4