Peran Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen bagi Peserta Didik di Era Disrupsi

Authors

  • Yornan Masinambow STAK Reformed Remnant Internasional Minahasa
  • Meyva Polii Universitas Kristen Indonesia Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53814/eleos.v2i2.44

Keywords:

leadership, Christian Religious Education, teachers, learners, disruption era

Abstract

Abstract: The purpose of this article is to discuss and analyze the leadership role of Christian religious education teachers for students in the era of disruption. It has become a reality that the era of disruption is marked by rapid technological developments that affect various aspects of human life, one of which is education. This paper emphasizes how Christian education teachers through their leadership can play a role in developing themselves from students in the era of disruption. By using a qualitative approach through literature studies, as well as conducting descriptive analysis supported by various kinds of relevant literature, it can complement the aspects studied. As a result, the leadership role of Christian education teachers needs to provide participatory learning concepts and praxis in terms of spirituality, humanism, and character. Of course, these three aspects must be owned and lived first by Christian education teachers, which are then implemented for students in each learning process.

Abstrak: Tujuan dari artikel ini adalah membahas serta menganalisa tentang peran kepemimpinan guru pendidikan agama Kristen bagi peserta didik di era disrupsi. Telah menjadi realitas bahwa era disrupsi ditandai dengan perkembangan teknologi yang bergerak pesat serta memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia salah satunya melalui pendidikan. Tulisan ini menekankan bagaimana guru pendidikan agama Kristen melalui kepemimpinannya mampu berperan mengembangkan diri dari peserta didik di era disrupsi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kepustakaan, serta melakukan analisis deskriptif yang didukung dengan berbagai macam literatur yang relevan, dapat melengkapi aspek yang dikaji. Hasilnya, peran kepemimpinan guru pendidikan agama Kristen perlu memberikan konsep serta praksis pembelajaran yang bersifat partisipasional dalam aspek spiritualitas, humanistik, dan berkarakter. Ketiga aspek tersebut perlu dimiliki dan dihidupi terlebih dahulu oleh guru pendidikan agama Kristen, yang kemudian diimplementasikan bagi peserta didik dalam setiap proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boiliu, Fredik Melkias. “Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 25–38.

Dayton, Ted Engstrom &. Seni Manajemen Bagi Pemimpin Kristen. Bandung: Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1998.

E.G. Homrighausen, I.H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Kristyowati, Yuli. “Pendidikan Karakter Kristen Pada Abad Ke-21.” In Progress Pendidikan Karakter Kristen: Dari Masa Penciptaan Hingga Abad 21, edited by Ester Yuniati, 192. Bandung: Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.

Lumban Gaol, Nasib Tua, and Andrianus Nababan. “Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 6, no. 1 (2019): 89–96.

Marija, Petrus, Yudhi Kawangung, and Munatar Kause. “Pendekatan Humanis-Relegius Pada Pendidikan Kristen Sebagai Pembentukan Karakter Generasi Milenial.” Jurnal Teruna Bhakti 2, no. 1 (2019): 49.

Mawikere, Marde Christian Stenly. “Efektivitas, Efisiensi Dan Kesehatan Hubungan Organisasi Pelayanan Dalam Kepemimpinan Kristen.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 2, no. 1 (2018).

Pramudji. Kepemimpinan Pemerintahan Di Indonesia. Jakarta: Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Purba, Paskah Parlaungan. “Pendidikan Kristen Dalam Keluarga Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Remaja.” Fidei: Jurnal Pendidikan Kristen 4, no. 1 (2021): 298–313.

Ronda, Daniel. “Kepemimpinan Kristen Di Era Disrupsi Teknologi.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 1 (2019): 1.

Santoso, Madgalena. “Karakteristik Pendidikan Kristen.” Veritas : Jurnal Teologi dan Pelayanan 6, no. 2 (2005): 289–303. Accessed January 31, 2021. http://repository.seabs.ac.id/handle/123456789/121.

Sianipar, Desi. “Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Di Era Industri 4.0.” Universitas Kristen Indonesia (2018): 167–177. http://repository.uki.ac.id/829/1/8 Kepemimpinan Guru Agama Kristen di Era 4.0 - Prosiding.pdf.

Sidjabat, Binsen Samuel. “Penguatan Guru PAK Untuk Pendidikan Karakter: Melihat Kontribusi Seri Selamat.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 1 (2019): 30.

Simanjuntak, Junihot. Filsafat Pendidikan Dan Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2013.

Sirait, J E. “Barometer Kepribadian Kepemimpinan Guru Agama Kristen Di Era Disrupsi.” Jurnal Teruna Bhakti 5, no. 1 (2022): 48–63. https://e-journal.stakterunabhakti.ac.id/index.php/teruna/article/view/130.

Sopacoly, Mick Mordekhai, and Izak Y.M. Lattu. “Kekristenan Dan Spiritualitas Online: Cybertheology Sebagai Sumbangsih Berteologi Di Indonesia.” GEMA TEOLOGIKA: Jurnal Teologi Kontekstual dan Filsafat Keilahian 5, no. 2 (2020): 137.

Tafonao, Talizaro. “Peran Guru Agama Kristen Dalam Membangun Karakter Siswa Di Era Digital.” Jurnal Bijak 2, no. 1 (2018): 1–214.

Tefbana, Abraham, and A. Dan Kia. “Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi Dan Pandemi.” Jurnal Luxnos 6, no. 2 (2020): 254–270.

Tenny, Tenny, and Yonatan Alex Arifianto. “Aktualisasi Misi Dan Pemuridan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Era Disrupsi.” Didache: Journal of Christian Education 2, no. 1 (2021): 41.

Tomatala, Yakub. Kepemimpinan Yang Dinamis. Jakarta: Jakarta: YT Leadership Foundation, 1997.

Yunianto, Petrus. “Kualitas Kepemimpinan Yosua.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 173–184.

Zaluchu, Sonny Eli. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 249–266.

Downloads

Published

2023-01-25

How to Cite

Masinambow, Y., & Meyva Polii. (2023). Peran Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen bagi Peserta Didik di Era Disrupsi. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.53814/eleos.v2i2.44