Pendidikan Kristen di Tengah Pluralitas Agama dan Persatuan Pancasila

Authors

  • Debbie Refialy STAK Reformed Remnant Internasional
  • Eliazer Nuban STAK Reformed Remnant Internasional

DOI:

https://doi.org/10.53814/eleos.v3i1.65

Keywords:

Kata Kunci: Pendidikan Kristen; Pluralitas Agama; persatuan Pancasila

Abstract

Abstract: Indonesia is a plural country. The plurality of the Indonesian people must be seen as a unique nation that must be grateful for. One of the things that shows that Indonesia is a plural country is its diversity in religions. Religious plurality can be unique but can also become one of source of conflict. So called because of its nature that touches one’s most basic beliefs and many conflicts that occur in Indonesia, one of the causes is due to religion. In this regard, the aim of this research is to describe the role of Christian Education in the midst of religious plurality and Pancasila unity. The research method used in this research is a qualitative research method, in which by collecting data through literature studies, the results obtained are, first, through Christian education, awareness of differences must be built. Second, through Christian education, awareness of the importance of Pancasila unity must be built. Third, Christian education must have a dimension for plurality.

Abstrak: Indonesia adalah negara yang plural. Pluralitas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia harus dipandang sebagai keunikan bangsa yang harus disyukuri. Salah satu hal yang menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang plural adalah agamanya yang beragam. Pluralitas agama dapat menjadi sebuah keunikan tetapi juga dapat menjadi salah satu sumber konflik. Disebut demikian karena sifatnya yang menyentuh keyakinan paling asasi seseorang dan banyak konflik yang terjadi di Indonesia, salah satu penyebabnya adalah karena agama. Berkenaan dengan hal ini, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran pendidikan Kristen di tengah pluralitas agama dan persatuan Pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, di mana dengan cara mengumpulkan data melalui studi literatur, maka hasil yang diperoleh adalah adalah pertama, melalui pendidikan Kristen kesadaran akan adanya perbedaan harus dibangun. Kedua, melalui pendidikan Kristen, kesadaran akan pentingnya persatuan Pancasila harus dibangun. Ketiga, pendidikan Kristen harus memiliki dimensi bagi kemajemukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Fara Amalia dkk, Implementasi Nilai Pancasila dalam Bhinneka Tunggal Ika

sebagai Alat Pemersatu Bangsa di Era Generasi Milenial, Surakarta: Unisri Press, 2023.

Boiliu, Fredik Melkias, “Model Pendidikan yang Cocok dalam Masyarakat majemuk di

Indonesia: Pendidikan Agama yang Inklusif dan Pendidikan Agama yang

Multikultural”, Revitalisasi Indonesia melalui Indentitas Kemajemukan

Berdasarkan Pancasila. Jakarta: UKI Press, 2018.

Yulia Djahir, Suplemen Bahan Ajar Pendidikan Pancasila, Sleman: Deepublish, 2016.

Ikhsanto, Pluralitas Masyarakat Indonesia,

https://guru.kemdikbud.go.id/bukti karya/video/54754. Diakses pada tanggal 20

Juni 2023.

Japar, Muhammad, dkk., Pluralisme dan Pendidikan Multikultural. Surabaya: Jakad

Media Publishing. 2019.

Kolibu, Dirk Roy, ”Peran Pendidikan Agama Kristen di Universitas Kristen Indonesia

dalam Konstelasi Nasional Pembangunan Bangsa Berdasarkan Nilai-Nilai

Pancasila” – Revitalisasi Indonesia melalui Indentitas Kemajemukan Berdasarkan

Pancasila. Jakarta: UKI Press, 2018.

Rantung, Djoys Anneke, Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Lintang rasi Aksara

Books, 2017.

Sari, Ifit Novita, dkk, Metode Penelitian Kualitatif, Malang: Unisma Press, 2022.

Schumann, Olaf, “Agama-Agama di tengah budaya Lokal: Perspektif Teologis”, Agama-

Agama di Tengah Budaya Global, Jakarta-BM-PGI, 2009.

Simanjuntak, Feri, Nini Adelina Tanamal, Peran Pendidikan Agama Kristen dalam

Kemajemukan Kerukunan Umat Beragama di Jakarta. Jurnal on Education, Vol.

, No. 1, September- Desember 2022.

Singgih, Emanuel Gerrit, Iman dan Politik dalam Era Reformasi di Indonesia, Jakarta:

BPK Gunung Mulia, 2000.

Sudarmanto, G., Teologi Multikultural, Batu: Departemen Multimedia YPPII, 2014.

Sugiyono, Bambang, Pancasila sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa, Malang: Media

Nusa Creative, 2021.

Tung, Khoe Yao, Filsafat Pendidikan Kristen, Yogyakarta: ANDI, 2013.

Turmudi, Hadis, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Klaten: Lakeisha, 2022.

Widjaya, Fransiskus Irwan, Pluralitas dan Tantangan Misi: Kerangka Konseptual untuk

Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat Majemuk. Jurnal Pendidikan

Agama Kristen: Regula Fidei, vol. 4 No. 1, Maret 2019.

Wulandari, Taat, Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: UNY

Press, 2020.

https://bpip.go.id/berita/1035/673/ini-bunyi-pancasila-dan-makna-5-lambangnya.html.

Diakses pada tanggal 26 Juli 2023.

https://kemlu.go.id/canberra/id/read/indonesia/2186/etc-menu. Diakses pada tanggal 26

Juli 2023.

https://indonesia.go.id/profil/suku-bangsa/kebudayaan/suku-bangsa. Diakses pada

tanggal 26 Juli 2023.

https://mediaindonesia.com/humaniora/561533/ makna-pasal-29-ayat-1-dan-2-beserta-penjelasan-dan-contoh.

Diakses pada tanggal 26 Juli 2023.

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230220160619-12-915450/viral-warga-larang-ibadah-umat-kristiani-di-lampung-dipicu-soal-izin/amp. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2023.

https://www.antaranews.com/berita/3024477 /pengamat-dunia-pendidikan-jadi -incaran-teroris-sebarkan-radikalisme. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2023.

https://www.kominfo.go.id/content/detail/9744/media-sosial-demokrasi-dan-radikalisme/0/sorotan-media. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2023.

https://amp.kompas.com/tren/read/2022/09/12/180000265/viral-video-ketua-dprd-tak-hafal-pancasila-dan-putuskan-lepas-jabatan. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2022.

Published

2023-08-07

How to Cite

Refialy, D., & Nuban, E. (2023). Pendidikan Kristen di Tengah Pluralitas Agama dan Persatuan Pancasila. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.53814/eleos.v3i1.65

Issue

Section

Articles