Pendidikan Kristen di Tengah Pluralitas Agama dan Persatuan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.53814/eleos.v3i1.65Keywords:
Kata Kunci: Pendidikan Kristen; Pluralitas Agama; persatuan PancasilaAbstract
Abstract: Indonesia is a plural country. The plurality of the Indonesian people must be seen as a unique nation that must be grateful for. One of the things that shows that Indonesia is a plural country is its diversity in religions. Religious plurality can be unique but can also become one of source of conflict. So called because of its nature that touches one’s most basic beliefs and many conflicts that occur in Indonesia, one of the causes is due to religion. In this regard, the aim of this research is to describe the role of Christian Education in the midst of religious plurality and Pancasila unity. The research method used in this research is a qualitative research method, in which by collecting data through literature studies, the results obtained are, first, through Christian education, awareness of differences must be built. Second, through Christian education, awareness of the importance of Pancasila unity must be built. Third, Christian education must have a dimension for plurality.
Abstrak: Indonesia adalah negara yang plural. Pluralitas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia harus dipandang sebagai keunikan bangsa yang harus disyukuri. Salah satu hal yang menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang plural adalah agamanya yang beragam. Pluralitas agama dapat menjadi sebuah keunikan tetapi juga dapat menjadi salah satu sumber konflik. Disebut demikian karena sifatnya yang menyentuh keyakinan paling asasi seseorang dan banyak konflik yang terjadi di Indonesia, salah satu penyebabnya adalah karena agama. Berkenaan dengan hal ini, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran pendidikan Kristen di tengah pluralitas agama dan persatuan Pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, di mana dengan cara mengumpulkan data melalui studi literatur, maka hasil yang diperoleh adalah adalah pertama, melalui pendidikan Kristen kesadaran akan adanya perbedaan harus dibangun. Kedua, melalui pendidikan Kristen, kesadaran akan pentingnya persatuan Pancasila harus dibangun. Ketiga, pendidikan Kristen harus memiliki dimensi bagi kemajemukan.
Downloads
References
Amalia, Fara Amalia dkk, Implementasi Nilai Pancasila dalam Bhinneka Tunggal Ika
sebagai Alat Pemersatu Bangsa di Era Generasi Milenial, Surakarta: Unisri Press, 2023.
Boiliu, Fredik Melkias, “Model Pendidikan yang Cocok dalam Masyarakat majemuk di
Indonesia: Pendidikan Agama yang Inklusif dan Pendidikan Agama yang
Multikultural”, Revitalisasi Indonesia melalui Indentitas Kemajemukan
Berdasarkan Pancasila. Jakarta: UKI Press, 2018.
Yulia Djahir, Suplemen Bahan Ajar Pendidikan Pancasila, Sleman: Deepublish, 2016.
Ikhsanto, Pluralitas Masyarakat Indonesia,
https://guru.kemdikbud.go.id/bukti karya/video/54754. Diakses pada tanggal 20
Juni 2023.
Japar, Muhammad, dkk., Pluralisme dan Pendidikan Multikultural. Surabaya: Jakad
Media Publishing. 2019.
Kolibu, Dirk Roy, ”Peran Pendidikan Agama Kristen di Universitas Kristen Indonesia
dalam Konstelasi Nasional Pembangunan Bangsa Berdasarkan Nilai-Nilai
Pancasila” – Revitalisasi Indonesia melalui Indentitas Kemajemukan Berdasarkan
Pancasila. Jakarta: UKI Press, 2018.
Rantung, Djoys Anneke, Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Lintang rasi Aksara
Books, 2017.
Sari, Ifit Novita, dkk, Metode Penelitian Kualitatif, Malang: Unisma Press, 2022.
Schumann, Olaf, “Agama-Agama di tengah budaya Lokal: Perspektif Teologis”, Agama-
Agama di Tengah Budaya Global, Jakarta-BM-PGI, 2009.
Simanjuntak, Feri, Nini Adelina Tanamal, Peran Pendidikan Agama Kristen dalam
Kemajemukan Kerukunan Umat Beragama di Jakarta. Jurnal on Education, Vol.
, No. 1, September- Desember 2022.
Singgih, Emanuel Gerrit, Iman dan Politik dalam Era Reformasi di Indonesia, Jakarta:
BPK Gunung Mulia, 2000.
Sudarmanto, G., Teologi Multikultural, Batu: Departemen Multimedia YPPII, 2014.
Sugiyono, Bambang, Pancasila sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa, Malang: Media
Nusa Creative, 2021.
Tung, Khoe Yao, Filsafat Pendidikan Kristen, Yogyakarta: ANDI, 2013.
Turmudi, Hadis, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Klaten: Lakeisha, 2022.
Widjaya, Fransiskus Irwan, Pluralitas dan Tantangan Misi: Kerangka Konseptual untuk
Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat Majemuk. Jurnal Pendidikan
Agama Kristen: Regula Fidei, vol. 4 No. 1, Maret 2019.
Wulandari, Taat, Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: UNY
Press, 2020.
https://bpip.go.id/berita/1035/673/ini-bunyi-pancasila-dan-makna-5-lambangnya.html.
Diakses pada tanggal 26 Juli 2023.
https://kemlu.go.id/canberra/id/read/indonesia/2186/etc-menu. Diakses pada tanggal 26
Juli 2023.
https://indonesia.go.id/profil/suku-bangsa/kebudayaan/suku-bangsa. Diakses pada
tanggal 26 Juli 2023.
https://mediaindonesia.com/humaniora/561533/ makna-pasal-29-ayat-1-dan-2-beserta-penjelasan-dan-contoh.
Diakses pada tanggal 26 Juli 2023.
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230220160619-12-915450/viral-warga-larang-ibadah-umat-kristiani-di-lampung-dipicu-soal-izin/amp. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2023.
https://www.antaranews.com/berita/3024477 /pengamat-dunia-pendidikan-jadi -incaran-teroris-sebarkan-radikalisme. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2023.
https://www.kominfo.go.id/content/detail/9744/media-sosial-demokrasi-dan-radikalisme/0/sorotan-media. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2023.
https://amp.kompas.com/tren/read/2022/09/12/180000265/viral-video-ketua-dprd-tak-hafal-pancasila-dan-putuskan-lepas-jabatan. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Debbie Refialy, Eliazer Nuban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.