Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53814/eleos.v3i2.73Keywords:
strategi, pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, siswa, sekolah dasarAbstract
Abstract: The aim of this research is to analyze the application of the project-based learning model to increase the creativity of elementary school students. This research uses a descriptive qualitative method with a literature and narrative study approach. So it can be concluded that the project-based learning model in increasing the creativity of students in elementary schools found that teachers must understand and have an understanding of learning strategies because project-based learning is a student-centered approach where students actively develop their knowledge through practice and application of ideas. new. Students engage in problem-solving projects that are important for future employment through research, hypothesis, discussion and testing of new ideas. And of course what is expected is that teachers must also prepare various forms and ways of delivering material even though in general teachers have ways and patterns of teaching in the classroom and outside the classroom.
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi pustaka dan naratif. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas nara didik pada Sekolah Dasar ditemukan guru harus memahami dan memiliki Pengertian tentang strategi pembelajaran sebab Pembelajaran berbasis proyek merupakan pendekatan yang berpusat pada siswa di mana siswa secara aktif mengembangkan pengetahuannya melalui praktik dan penerapan ide-ide baru. Siswa terlibat dalam proyek pemecahan masalah yang penting untuk pekerjaan masa depan melalui penelitian, hipotesis, diskusi dan pengujian ide-ide baru. Dan tentunya yang diharapkan bahwa guru juga harus menyiapkan berbagai bentuk dan cara menyampaikan materi meskipun pada umunya guru memiliki cara dan pola mengajar didalam kelas maupun diluar kelas.
Downloads
References
Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, and H Gunarto. “Model Dan Metode Pembelajaran.” Semarang: Unissula (2013).
Anggraeni, Novita Eka. “Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi.” Jurnal Science Edu 11, no. 1 (2019).
Anitah, Sri, and others. “Strategi Pembelajaran.” Jakarta: Universitas Terbuka 1 (2007): 3.
Anjani, Ayu, Gita Harnum Syapitri, and Rifka Izatul Lutfia. “Analisis Metode Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” FONDATIA 4, no. 1 (2020): 67–85.
Asrori, Mohammad. “Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran.” Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 5, no. 2 (2013): 26.
Badar, Nisma, and Arniati Bakri. “Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan.” JBES: Journal of Biology Education and Science 2, no. 2 (2022): 12.
Christian, Yosafat Anton. “Meta Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (2021): 2271–2278.
Fathurrahman, Pupuh. “Strategi Pembelajaran.” Bandung: Insan Media (2007).
Hairunisa, Hairunisa, Arif Rahman Hakim, and Nurjumiati Nurjumiati. “Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA.” Jurnal Pendidikan Mipa 9, no. 2 (2019): 93–96.
Hamid, Abd. “Berbagai Metode Mengajar Bagi Guru Dalam Proses Pembelajaran.” Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 9, no. 2 (2019): 1–16.
Hariro, Adha Zam Zam, Armilah Armilah, Fadya Safitri Rahman, Irlyanova Sabina, and Nita Afriani Siregar. “Strategi Pendidik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Di Kelas Tinggi.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis) 1, no. 3 (2023): 220–231.
Ilmudinulloh, Rafiud. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.” Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital (2022).
Khasanah, Siti Uswatun, and Darsinah. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 3, no. 1 (2022): 281–287. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.666.
Maesaroh, Siti. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal kependidikan 1, no. 1 (2013): 150–168.
Minsih, Minsih, Rusnilawati Rusnilawati, and Imam Mujahid. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 6, no. 1 (2019): 29–40.
Nainggolan, Alon Mandimpu, and Yanice Janis. “Etika Guru Agama Kristen Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Iman Naradidik.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 1, no. 2 (2020): 152–163.
Nasution, Wahyudin Nur. “Strategi Pembelajaran” (2017): 5.
Sanadji, Rudiyanto Sait, and Jacob Abolladaka. “Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Jasa Transportasi Online Ao Rider Kupang.” Jurnal Economina 1, no. 2 (2022): 365–376.
Sari, Ratih Apri, Bachrudin Musthafa, and Fazri Nur Yusuf. “Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Penelitian Pendidikan 21, no. 2 (2021): 1–11.
Simon, Simon. “Peranan Pendidikan Agama Kristen Menangani Masalah Ekologi.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 1 (2021): 17–35.
Wahyuni, Santi. “Manajemen Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melek Literasi.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management 5, no. 1 (2020): 41–54.
Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, Dasim Budimansyah, and others. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 33, no. 2 (2014).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nikolaos Nikolaos, Yonatan Alex Arifianto, Reni Triposa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.