Pengaruh Pemahaman Tenaga Kependidikan tentang Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional terhadap Kinerja Guru Lembaga Pendidikan Kristiani

Authors

  • Yosep Heristyo Endro Baruno Sekolah Tinggi Teologi Magelang
  • Valentina Dwi Kuntari J Sekolah Tinggi Teologi Anugrah Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53814/eleos.v1i2.8

Keywords:

Pemahaman, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Kinerja, Guru

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the effect of education personnel's understanding of the National Education System Act on teacher performance. This research was conducted at the Christian Education Institute, precisely at Solomon 3 Junior High School and at Pringsurat Catholic Elementary School, Temanggung, Central Java. The method used in this study is a quantitative correlation research method, where the sample in this study is the education staff in each of these schools, totaling 56 people. The research instrument used was a questionnaire, while the data analysis technique used normality test, homogeneity test, linearity test and Pearson Bivariate correlation test. The final results of this study are: the understanding of education personnel about the National Education System Act has a significant effect on teacher performance.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman tenaga kependidikan tentang Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Pendidikan Kristiani tepatnya di Sekolah Menengah Pertama Salomo 3 dan di Sekolah Dasar Katolik Pringsurat, Temanggung, Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif korelasional, dimana sampel dalam penelitian ini adalah para tenaga kependidikan di masing-masing sekolah tersebut yang berjumlah 56 orang. Instrumen penelitian yang dipakai menggunakan angket, sedangkan tehnik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji korelasi Bivariat Pearson. Hasil akhir penelitian ini adalah: pemahaman tenaga kependidikan tentang Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Indonesia, Presiden Republik. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta, 2003.

Jumriati. “Analisis Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan.” Sportive : Jurnal of Physical Education, Sport and Recreation 1, no. September (2017): 25–33.

Kasiram, Moh. Metodologi Penelitian. Malang: UIN Maliki Press, 2008.

Maryono. “Akuntabilitas Sekolah; Suatu Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2018): 29–41.

Nur Aini, Sri Wahyuni, and S. A. Totalia. “Pengaruh Kualitas Pengajaran Guru Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Di SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.” Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi 4, no. 2 (2018): 1–18.

Penyusun, Tim. “Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Indonesia (2003).

Riyanto, Yatim. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC, 2010.

Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Yuniati, Safrida, and Sugeng Prayoga. “Pengaruh Manajemen Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Di Kota Mataram.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 5, no. 2 (2019): 133–140.

Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta, 2005.

Downloads

Published

2022-01-21

How to Cite

Baruno, Y. H. E., & Kuntari J, V. D. (2022). Pengaruh Pemahaman Tenaga Kependidikan tentang Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional terhadap Kinerja Guru Lembaga Pendidikan Kristiani. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 88–98. https://doi.org/10.53814/eleos.v1i2.8