Metode Mengajar Yesus Untuk Pertumbuhan Spiritualitas Siswa Kristen

Authors

  • Judhi Kurniawan Lakaoni Sekolah Tinggi Alkitab Ginosko

DOI:

https://doi.org/10.53814/eleos.v1i2.96

Keywords:

metode mengajar Yesus, pertumbuhan, spiritualitas

Abstract

Abstract: Teaching methods are the methods a teacher uses to relate Bible truths to his students. It cannot be denied that the effectiveness of teaching is largely determined by the methods used in communicating the lessons that have been prepared. Teachers should not ignore Jesus' teaching method in the teaching process because it is Jesus' teaching method that can provide growth in students' spirituality. Jesus' teaching methods were stories, lecture methods, discussion methods and question and answer methods. The purpose of the learning carried out by Jesus was for His disciples to know their Father in heaven personally and believe that Jesus is the only way of salvation (John 14:6-14) and to be able to lead other people to the path of salvation that has been found in Jesus Christ. Another goal is for every student to become a witness to Christ in words and behavior so that he becomes salt and light in the world (Matthew 5:13).

Abstrak: Metode mengajar adalah metode yang dipakai seorang guru untuk menghubungkan kebenaran Alkitab dengan para muridnya. Tak dapat disangkal bahwa efektivitas suatu pengajaran sangat ditentukan oleh metode yang dipakai dalam usaha mengkomunikasikan pelajaran yang sudah dipersiapkan. Metode mengajar Yesus tidak boleh diabaikan oleh guru dalam proses mengajar karena metode mengajar Yesuslah yang dapat memberi pertumbuhan bagi spiritualitas siswa. Metode mengajar Yesus yaitu cerita, metode ceramah, metode diskusi dan metode tanya jawab. tujuan pembelajaran yang dilakukan Yesus adalah agar murid-murid-Nya mengenal Bapa di sorga secara pribadi dan meyakini bahwa hanya Yesus satu-satunya jalan keselamatan (Yohanes 14:6-14) serta dapat membawa orang lain kepada jalan keselamatan yang telah ditemukan di dalam Yesus Kristus. Tujuan lain yaitu agar setiap murid menjadi saksi kristus dalam perkataan dan tingkah laku sehingga menjadi garam dan terang dunia (Matius 5:13).

Downloads

Download data is not yet available.

References

__________.,

Depdiknas. Kurikulum Taman Kanak-kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA) Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Arikunto Suharsini.,

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Yogyakarta: Rineka Cipta

Enklaar I. H. R dan Homrighausen E. G.,

Pendidikan Agama Kristen Jakarta: BPK Gunung Mulia

Enklaar I. H. dan Homrighausen E.G.,

Pendidikan Agama Kristen Jakarta: BPK Gunung Mulia

Gulo W.,

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo

Homrighausen dan Enklaar I.H.,

Pendidikan Agama Kristen Jakarta: BPK Gunung Mulia

Husaini Usman.,

Metodologi Penelitian Sosial Jakarta: Bumi Aksara

Koentjaraningrat.,

Metode- Metode Penelitian Masyarakat Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kristianto Paulus Lilik.,

Prinsip dan Praktek Pendidikan Agama Kristen Yogyakarta: Penerbit ANDI

Miles Matthew B. dan Huberman A. Michael.,

Analisis Data Kualitatif Jakarta: Universitas Indonesia

Nuhamara Daniel.,

Pembimbing PAK Bandung:Jurnal Info Media

Ratag A. E.,

Diktat Kuliah: Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Manokwari: STT-ET

Santoso Agus.,

Sosiologi 3 Yudhistira

Sidjabat B.S.,

Menjadi Guru Profesional Bandung: Yayasan Kalam Hidup

Mengajar Secara Profesional Bandung: Kalam Hidup

Stevanus Daniel.,

Sejarah Pendidikan Bandung: Bina Media Informasi

Sudjana H.D.,

Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif Bandung: Falah Produktion

Sugiyono.,

Metode Penelitian Pendidikan Edisi I Jakatra:PT Kharisma Putra Utama

Sukmadinata Nana Syaodah.,

Pengantar Penelitian Ilmiah Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tarumingi.,

“Pendidikan Agama Kristen Sebagai Panggilan Kerasulan,”

Usman Husaini & Akbar Purnomo Setiady.,

Metodologi Penelitian Sosial Jakarta: Bumi Aksara

Dina Kristiani.,

Implementasi Model Teaching Learning Tuhan Yesus Menurut Injil Matius Terhadap Guru-Guru Pendidikan Agama Kristen Di Kota Surakarta, Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3. No. 1 Maret

Ruwi Hastuti.,

Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga sebagai Pusat Bermisi, Jurnal Antusias, vol. 2, Desember

Downloads

Published

2022-01-21

How to Cite

Lakaoni, J. K. (2022). Metode Mengajar Yesus Untuk Pertumbuhan Spiritualitas Siswa Kristen. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 126–140. https://doi.org/10.53814/eleos.v1i2.96